MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI JETIS WITH CHARACTER BASED LEARNING TETAP MENJADI ALTERNATIF PILIHAN MASYARAKAT

mtsSebagai upaya membangun komunikasi antara team redaksi dengan lembaga pendidikan yang ada di Kecamatan Jetis, maka pada kesempatan ini team redaksi menurunkan laporan tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Madrasah Tsanawiyah Negeri Jetis. Koordinasi ini dilakukan berkat keterbukaan bu Nurun Nahdliyah sebagai Kepala MTsN Jetis yang baru, dimana komunikasi lintas sektor di tingkat Kecamatan Jetis telah terlaksana dengan baik, bahkan pada kegiatan    Halal bi Halal Keluarga besar PGRI            ( PGRI Cabang Jetis), juga di laksanakan di Halaman MTsN Jetis dengan penampilan yang luar biasa megah. Untuk itu pada kesempatan kali ini team redaksi memuat tulisan utuh dari lembaga pendidikan tersebut sebagai berikut.

Degradasi moral menjadi satu tantangan terberat pendidikan hari ini. Munculnya tindakan – tindakan amoral khususnya pada remaja membuat gelisah seluruh elemen masyarakat, baik orang tua maupun praktisi pendidikan.Pendidikan diharapkan tidak hanya menjadi proses transfer pengetahuan tapi juga sebagai sara transfer nilai. Madrasah secara historis ada diawali dari pesantren, yang tidak diragukan lagi ruh religiusitasnya. Hal ini yang kemudian MTsN Jetis tetap berkomitmen untuk mempertahankan ruh ini, yaitu mengawal generasi bangsa yang berkarakter.

Mengakhiri tahun pelajaran 2015/2016 ditutup dengan serentetan agenda yang mengajak anak mengenalkan dirinya dengan realitas. Salah satunya adalah program sosialisasi Anti Narkoba dan Berlalu lintas yang baik, kegiatan ini bekerja sama dengan jajaran kepolisian sektor Kecamatan Jetis.

mts1Agenda yang kedua adalah Pelatihan pembuatan Biopori, Aquaponik, Hidroponik dan Bio limb yang bekerja sama MTsN Jetis dengan pihak Dinas Pertanian sub kehutanan. Pada pelatihan ini, siswa merasa senang karena bisa memanfaatkan barang-barang bekas menjadi bahan yang bermanfaat bagi kehidupan. Selesai pelatihan, acara dilanjutkan dengan kunjungan ke Desa Karangpatihan sebagai upaya membangun kepedulian sosial terhadap masyarakat marginal yang berhasil mengelola dirinya menjadi masyarakat yang lebih baik.

Diakhir tahun pelajaran ditutup dengan Purnawiyata yang mewisuda 196 siswa. Diajang kegiatan ini juga ditampilkan beberapa kebolehan dari peserta didik yang berprestasi dibidang non akademik, seperti penampilan dari ekstra seni tari, seni musik, olah vocal, telling story, Fashion show dan ditutup dengan pagelaran ekstra seni reog.

mts4Pada acara purnawiyata ini juga diumumkan prestasi siswa dibidang akademik maupun non akademik, yaitu sebagai Juara 3 Paduan suara PMR Tingkat Kab. Ponorogo, Juara 2 Jumbara VI PMR Tingkat Madya Kab. Ponorogo, Juara 2 dan 3 Lomba Tartil Tingkat SMP/MTs se Karesidenan Madiun, Juara 1 dan 3Lomba Cerdas Cermat Islami Tingkat SMP/MTs se Kab.Ponorogo, Peringkat 3Kontingen Favorit Tingkat Madya PMR Tingkat SMP/MTs se Jawa Timur, Juara 3Lomba Cerdas Tangkas Tingkat Pramuka Penggalang SMP/MTs se Kab. Ponorogo, Juara 2 PutriGiat Prestasi Gajah Mada Scouting Rally V Tingkat Penggalang SMP/MTs se Kab. Ponorogo, Juara 1 Fisika Tingkat MTs se Kab.Ponorogo, Juara 1 IPS Tingkat MTs se Kab.Ponorogo. Juara 1 Telling Story Tingkat MTs se Kab.Ponorogo. Juara 1 Lomba IPA Terpadu Tingkat SMP/MTs se Karesidenan Madiun, Juara 1 dan 2 Lomba PAI Tingkat SMP/MTs se Karesidenan Madiun, Juara 3 Lomba Qiroah Tingkat SMP/MTs se Karesidenan Madiun, Juara Harapan 2 Lomba Dai Tingkat SMP/MTs se Karesidenan Madiun dan yang membanggakan ditahun 2016 ini, MTsN Jetis berhasil memperoleh Juara umum Science And Art Competition VIII 2016 Tingkat SMP/MTs se Karesidenan Madiun.

mts3Kerja keras semua pihak madrasah mulai dari pimpinan, guru dan karyawan serta adanya Sederet prestasi mentereng yang berhasil diraih peserta didik MTsN Jetis ini ternyata menjadi perhatian serius masyarakat Ponorogo,terbukti pada tahun pelajaran 2016/2017 ini banyak wali murid yang ingin menyekolahkan putra-putrinya di MTsN Jetis, sehingga jumlah siswa MTsN Jetis bertambah, pendaftar sebanyak 315 siswa, namun pagu yang bisa diterima sebanyak 285 siswa, sehingga MTsN Jetis dengan terpaksa tidak bisa menerima sejumlah calon siswa baru. Jumlah sekarang seluruh peserta didik kelas VII, VIII dan IX sebanyak 813 siswa.

Diawal tahun pelajaran baru 2016/2017, MTsN Jetis langsung melaksanakan serangkaian kegiatan awal, yaitu Matsama (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) dan PBB (Persiapan Baris Berbaris).

mts5Kegiatan Matsama (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) berlangsung dari tanggal 19 – 21 Juli 2016, diikuti oleh seluruh siswa baru sejumlah 285 siswa. Acara dibuat secara serius dan dikemas secara santai juga disertai dengan permainan. Siswa baru merasa tidak canggung dan malu-malu untuk berkenalan dengan kakak-kakak OSIS bahkan mereka juga memberanikan diri berkenalan dengan Bapak-Ibu guru. Para peserta sangat antusias mengikuti materi seperti selayang pandang madrasah, materi agama, tata krama dan tata tertib siswa, wawasan wiyatamandala, cara belajar efektif, Ke-OSIS-an, wawasan kebangsaan, tata upacara dan pembiasaan karakter siswa. Dipagi hari peserta didik merasa senang bisa makan bersama di madrasah, belajar dan bermain bersama sangat menyenangkan bagi mereka, apalagi diakhir acara, mereka menuliskan nama dan cita-cita mereka di balon udara, setelah itu balon dilepas dan naik keangkasa. Ini hanya permainan supaya mereka punya cita-cita yang tinggi.

mts2Sedangkan kegiatan PBB (Persiapan Baris Berbaris) dilaksanakan pada tanggal 19-21 Juli 2016. Kegiatan PBB diikuti oleh peserta didik kelas VIII dan IX. Kegiatan ini dilatih langsung dari Koramil Kecamatan Jetis. Ibu Nuurun Nahdiyyah KY, M.Pd.I selaku Kepala MTsN Jetis mengatakan bahwa “Kegiatan PBB ini dilaksanakan untuk melatih Baris berbaris, menanamkan sikap kedisiplinan dan tanggung jawab siswa. Siswapun supaya bisa merasakan langsung dididik oleh anggota TNI”. Pada kesempatan ini, siswa banyak mendapatkan ilmu baru tentang baris berbaris. Walaupun dilatih oleh TNI, siswa tetap bersemangat dalam mengikuti materi bahkan siswa merasa senang bisa langsung mendapatkan ilmu baris berbaris dari TNI(Humas MTsN Jetis).

 

Share :
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *