UPAYA KECAMATAN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN

UPAYA KECAMATAN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN

UPAYA KECAMATAN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN

. Dalam konteks ini pelayanan pubulik diberi makna yang luas, artinya tidak hanya sebatas pemberian pelayanan dasar kepada masyarakat, tetapi juga menyangkut semua kegiatan yang dilakukan pemerintah baik langsung atau tidak langsung. Pelayanan publik selalu dikaitkan dengan suatu kegiatan yang dilakukan seseorang atau kelompok orang atau instansi tertentu untuk memberikan bantuan dan kemudahan kepada masyarakat dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Pelayanan publik ini menjadi sangat penting karena senantiasa berhubungan dengan masyarakat banyak atau khalayak ramai yang memiliki keanekaragaman kepentingan dan tujuan. Kebutuhan untuk mengurus Misalnya : Surat Pindah antar Desa, Surat Pindah antar Kecamatan ,antar Kabupaten mengurus KTP meningkat seiring dengan habisnya masa berlaku. Hal ini disebabkan oleh banyaknya peminta untuk perpanjangan KTP, maka untuk itu Kecamatan Jetis harus dapat memenuhi pelayanan yang terbaik dan tepat waktu. Seiring dengan perkembangan sering dijumpai berbagai keluhan masyarakat kemerosotan profesionalisme dalam rangka pelayanan publik hampir seluruh sektor pemerintah yang ditandai dengan menurunya kualitas pelayanan publik. Hal tersebut terbukti dengan masih banyaknya masalah tentang keluhan masyarakat tentang lambatnya mengurus KTP yang tidak cepat ditangani oleh aparatur itu sendiri. Hal itulah penyebab banyaknya keluhan yang dikemukakan oleh masyarakat akibatnya masyarakat merasa kecewa dan mulai meragukan intregritas pemberi pelayanan yang adil. Dalam system pelayanan yang diberikan oleh Kecamatan sebagian masyarakat yang sudah puas dengan pelayanannya dan sebagian ada yang belum puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak Kecamatan (Sumber Data : Bagian Pelayanan Kecamatan Jetis ). Kondisi yang demikian kiranya juga membelenggu Kecamatan Jetis sebagai kantor yang berkonotasi pelayanan masyarakat (public service). Target-target kualitas pelaksanaan pembanguan, penyelenggaraan pemerintahaan maupun pelayanan masyarakat yang terus meningkat dari tahun ke tahun, menurut peningkatan dukungan pengadaan pelayanan cepat, tepat dan benar. Oleh karena itu peningkatan kinerja Kecamatan harus terus menerus dilakukan. Pedoman Pelayanan Publik dalam hal ini Kecamatan bertanggung jawab terhadap pengaduan dan pelayanan bila ada yang bermasalah maka barang tentu kecamatan senantiasa dituntut untuk memberikan pelayanan yang seoptimal mungkin dengan kualitas yang lebih baik sebagai instansi pelayan masyarakat umum agar masyarakat merasa puas dengan pelayananya. Kecamatan Jetis merupakan perangkat daerah kabupaten yang dipimpin oleh seorang Camat. Salah satu tugas Camat adalah memahami aspirasi kebutuhan masyarakat dan juga harus dapat menetapkan kebijakan penanganannya dengan baik sehingga segala urusan kegiatan baik yang berasal dari jalur pemerintah atasan maupun yang berasal dari aspirasi masyarakat dapat terpadu dengan baik.
. Dalam konteks ini pelayanan pubulik diberi makna yang luas, artinya tidak hanya sebatas pemberian pelayanan dasar kepada masyarakat, tetapi juga menyangkut semua kegiatan yang dilakukan pemerintah baik langsung atau tidak langsung. Pelayanan publik selalu dikaitkan dengan suatu kegiatan yang dilakukan seseorang atau kelompok orang atau instansi tertentu untuk memberikan bantuan dan kemudahan kepada masyarakat dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Pelayanan publik ini menjadi sangat penting karena senantiasa berhubungan dengan masyarakat banyak atau khalayak ramai yang memiliki keanekaragaman kepentingan dan tujuan. Kebutuhan untuk mengurus KTP meningkat seiring dengan habisnya masa berlaku. Hal ini disebabkan oleh banyaknya peminta untuk perpanjangan KTP, banyaknya, pula surat keterangan pindah tempat maka untuk itu Kecamatan JETIS harus dapat memenuhi pelayanan yang terbaik dan tepat waktu. Seiring dengan perkembangan kecamatan senantiasa dituntut untuk memberikan pelayanan yang seoptimal mungkin dengan kualitas yang lebih baik sebagai instansi pelayan masyarakat umum agar masyarakat merasa puas dengan pelayananya. Kecamatan Jetis merupakan perangkat daerah kabupaten yang dipimpin oleh seorang Camat. Salah satu tugas Camat adalah memahami aspirasi kebutuhan masyarakat dan juga harus dapat menetapkan kebijakan penanganannya dengan baik sehingga segala urusan kegiatan baik yang berasal dari jalur pemerintah atasan maupun yang berasal dari aspirasi masyarakat dapat terpadu dengan baik.
Kecamatan Jetis berusaha untuk melayani yang terbaik di mata masyarakat dengan ruang pelayanan :
– Ruang ber AC
– TV
– Majalah untuk baca di ruang tunggu
– Liflet, Booklet
– Aguarium bila ada anak kecil menangis bisa terhibur dengan melihat ikan
– Tempat ruang Ibu menyusui
Kami memang belum sempurna tapi kami berusaha untuk lebih sempurna .

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.