PENILAIAN LAPANG PERLOMBAAN DESA TINGKAT KABUPATEN PONOROGO TAHUN 2018 DESA KRADENAN

JETIS –Lomba Desa menjadi nilai-nilai yang tak pernah berhenti kita junjung Dengan semangat Lomba Desa , maka persatuan dan kesatuan masyarakat tidak akan mudah goyah.

Tahun ini, Desa Kradenan Kecamatan Jetis  mendapatkan kepercayaan masuk nominasi 8 besar lomba Desa tingkat Kabupaten 2018. Tim penilai lapangan dari Kabupaten  pun terjun untuk pemeriksaan lebih lanjut. di Desa Kradenan.

Dalam Lomba desa kradenan bersaing dengan desa – desa Yang lain penilaiannya yaitu, bidang lingkungan, lembaga kemasyarakatan, ekonomi, Pemerintahan serta sosial budaya dan keagamaan atau Religi.

Dalam kesempatan itu, Drs.KARMIDI,MM juga mengingatkan kepada tim Kepala Desa  Kradenan Yakni, agar berupaya semaksimal mungkin meningkatkan nilai-nilai lomba desa  di masyarakat. Juga, tak ragu untuk menerima kritik demi kebaikan bersama. ‘’Sehingga, lomba Desa di harapkan di Desa Kradenan ini bisa mendapatkan juara..

 

 

Harapan yang sama juga diungkapkan oleh Kepala Desa‘’Setelah penilaian ini, lomba desa di lingkungan Kelurahan Kradenan terus meningkat akan budaya ketrampilan Bumdes dan lainnya akan lebih maju kegotong royongannya tuturnya.

Kecamatan Jetis optimis Desa Kradenan  mampu menjadi juara. Sejumlah inovasi menjadi unggulan di lingkungan tersebut.sedangkan yang di nilai dari tim juri adalah terdiri dari : Lingkungan / Rumah Sehat, Lembaga Masyarakat, Ekonomi, Pemerintahan, Sosial budaya dan Keagamaan, Paud, Posyandu Balita dan Pos Yandu Lansia, Pos Bindu , dan Wisata Religi.

 

 

 

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lapangan Drs.KARMIDI,MM mengungkapkan bahwa inovasi merupakan salah satu poin terbesar dalam penilaian. Dia juga mengapresiasi Desa Kradenan mampu menjadi nominator dalam lomba tersebut. ‘’Ini menunjukkan nilai-nilai gotong royong masih terjaga di Desa ini terangnya.

Dalam penilaian lapangan, tim akan memeriksa kecocokan dari pemaparan yang sudah disampaikan dalam laporan Desa Kradenan kecamatan Jetis  kepada panitia. Sejauh mana program itu berguna bagi masyarakat dan mampu membantu program pemerintah,

Dia mengungkapkan bahwa semangat lomba desa  masih mengakar kuat dimasyarakat yang tetap menjunjung tinggi kearifan lokal. Tak hanya pada perilaku, tetapi juga semangat kebersamaan dan nilai-nilai sosial.

 

 

 

 

 

 

 

 

LANSIA DESA KRADENAN YANG SELALU SEMANGAT

 

Lanjut usia merupakan suatu bagian dari tahap perjalanan hidup manusia yang keberadaannya senantiasa harus diperhatikan. Pandangan sebagian masyarakat yang menganggap lansia sebagai manusia yang tidak mampu, lemah, dan sakit-sakitan menyebabkan mereka memperlakukan lansia sebagai manusia yang tidak berdaya, sehingga segala aktivitas sangat dibatasi. Kondisi ini diperparah oleh tidak adanya waktu, tempat, dan kesempatan bagi lansia dalam melakukan aktivitas untuk mengisi sisa hidupnya, sehingga lansia menjadi kehilangan self-efficacy. Latihan atau exercise sangat penting untuk menghindari perubahan yang tiba-tiba dan gaya hidup aktif kegaya hidup sederhana.

Senam lansia adalah olahraga ringan dan mudah dilakukan, tidak memberatkan yang diterapkan pada lansia. Aktifitas olahraga ini akan membantu tubuh agar tetap bugar dan tetap segar karena melatih tulang tetap kuat, memdorong jantung bekerja optimal dan membantumenghilangkan radikal bebas yang berkeliaran di dalam tubuh. Senam lansia merupakan olahraga yang cocok bagi lansia karena gerakan di dalamnya menghindari gerakan loncat-loncat (low impact), melompat, kaki menyilang, maju mundur, menyentak-sentak namun masih dapat memacu kerja jantung-paru dengan intensitas ringan-sedang, bersifat menyeluruh dengan gerakan yang melibatkan sebagian besar otot tubuh, serasi sesuai gerak sehari-hari dan mengandung gerakan-gerakan melawan beban badan dengan pemberian beban antara bagian kanan dan kiri tubuh secara seimbang dan berimbang. Gerakan dalam Senam Lansia mengandung gerakan-gerakan yang diharapkan dapat meningkatkan komponen kebugaran kardio-respirasi, kekuatan dan ketahanan otot, kelenturan dan komposisi badan yang seimbang

Setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari senam lansia. Manfaat ini bisa masuk dalam kategori mencegah masuknya penyakit ke dalam tubuh dengan cara menguatkan metabolisme tubuh. Kemudian, manfaat melakukan kegiatan ini juga untuk mengobati penyakit yang mungkin dimiliki seperti diabetes. Senam merupakan salah satu bentuk penyembuhan yang paling mudah untuk dilakukan. Tubuh juga akan tetap fit. Senam lansia adalah senam yang disarankan untuk para lansia guna meningkatkan kesehatan tubuh yang bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah.

Beberapa mnafaat senam lansia, adalah sebagi berikut :

  1. Memperlancar proses degenerasi karena perubahan usia
  2. Mempermudah untuk menyesuaikan kesehatan jasmani dalam kehidupan (adaptasi)
  3. Fungsi melindungi yaitu memperbaiki tenaga cadangan dalam fungsinya terhadap bertambahnya tuntutan (sakit)
  4. Melatih Kelenturan : flexibility yaitu pembatasan atas lingkup gerak sendi, banyak terjadi pada lanjut usia yang sering berakibat kekuatan otot dan tendon. Oleh karena itu latihan kelenturan sendi merupakan komponen penting dari latihan atau olah raga bagi lanjut usia.
  5. Melatih Keseimbangan : kurang keseimbangan merupakan penyebab utama Lansia sering jatuh. Keseimbangan merupakan tanggapan motorik yang dihasikan oleh berbagai faktor, diantaranya input sensorik dan kekuatan otot. Penurunan keseimbangan pada lanjut usia bukan hanya sebagai akibat menurunnya kekuatan otot atau penyakit yang diderita, bisa juga karena kurang gerak. Penurunan keseimbangan bisa diperbaiki dengan berbagai latihan keseimbangan. Latihan yang meliputi komponen keseimbangan akan menurunkan insiden jatuh pada lansia.

 

BUMDES ASSA’ADAH DESA KRADENAN

 

 Desa kradenan selain Bumdes yang ketrampilanya antara lain adalah membuat tas kripik tempe, Bros Peyek  dan lain sebagainya

 

 

 

 

 

 

 

 

SILSILAH MAKAM  MASJID SAWO SONGO